Seminar Sehari “Kekerasan Terhadap Anak dari Keluarga dan Lingkungan”

Seminar sehari

dengan Thema “Kekerasan Terhadap Anak dari Keluarga dan Lingkungan”

       Pada Hari Sabtu, 13 April 2013 bertempat Convention Hall Lt.2 Siantar Hotel-Pematang Siantar, dilaksanakan IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) Kab. Simalungun Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Simalungun. Pada pelaksanaan seminar ini dihadirkan 4 (empat) orang narasumber yang terdiri Ketua KOMNAS Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) : Bapak Arist Merdeka Sirait Undang-undang Perlindungan Anak , Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun dengan materi Mendidik Anak di Sekolah tanpa Kekerasan , Pembicara dari  BP-PAUDNI Reg I Medan Eli Tohonan Tua Pane M.Pd. dengan materi  Peran Keluarga dalam Perspektif Perlindungan AnakAgus Sukarno (Kak Agus) dari Jakarta sebagai pencipta lagu Anak dari Penerbit Intan Pariwara Pusat Jakarta membawakan materi seputar lagu untuk anak didik PAUD, Pada kegiatan Seminar Sehari dengan Tema Kekerasan Terhadap Anak dari Keluarga dan Lingkungan acara diawali dengan sambutan dan laporan ketua Panitia Sekligus Ketua IGTKI Kabupaten Simalungun Ibu Siti Aisyah S.Pd.AUD, dalam sambutannya ketua IGTKI Kabupaten Simalungun menyampaikan bahwa keluarga merupakan suatu intitusi yang sangat penting dan mendasar bagi pemenuhan hak-hak anak sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Anak tanpa kekerasan dilingkungan rumah dan sekolah,

           Pembukaan Seminar Bapak Resman H Saragih,S.Sos. sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun mengharapkan Guru PAUD dan Stakeholder Pendidikan PAUD lebih memahami Undang-undang Perlindungan Anak, dengan memberikan pembelajaran pada PAUD disekolah masing-masing tanpa kekerasan terhindar dari pelanggaran peraturan perlindungan anak, Peserta seminar yang hadir adalah Mahasiswa PG PAUD S-1 Universitas Terbuka dari Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Tobasa, Taput dan Dairi sejumlah 560 orang. Dalam pembukaan Seminar Bapak Resman H Saragih,S.Sos. sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simelungun mengharapkan setelah kegiatan Seminar ini diharapkan Guru PAUD dan dan Stakeholder Pendidikan PAUD lebih memahami Undang-undang Perlindungan Anak, dengan memberikan pembelajaran pada PAUD disekolah masing-masing tanpa kekerasan terhindar dari pelanggaran sesuai peraturan perlindungan anak, GURU PAUD harus tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan Juknis dan pearuran yang ada dalam melaksanakan pembelajaran pada PAUD.
Pada sesi anya jawab yang dipimpin oleh moderator, dimana para peserta seminar sangat antusias untuk menyampaikan pendapat atau pertanyaan mengenai materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber.
Suasana Penyambutan Bapak Arist merdeka Sirait Memasuki ruangan seminar, disambut meriah oleh peserta seminar menyanyikan lagu wajib nasional Tanah Airku Cipt. Ibu Sud dan Merah Putih Cipt. Gombloh oleh peserta dan narasumber, Dihadiri undangan antara lain ibu Kepala Seksi PAUD PNF Dinas pendidikan kab. Simalungun Sarjani Evasari Purba SH, Ibu-ibu dari Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) yaitu Ibu Eko dan rombongan.
Pemberian “Ulos Pamotting” kepada bapak Arist Merdeka Sirait sebagai wujud memohon Pengayoman makna filosofis dari budaya Simalungun Oleh Bpk Kepala Dinas Pendidikan kab. Simalungun diwakili Kepala Bidang PNF dan Ibu Siti Aisyah S. Pd.AUD(pnf.simal/nandang)

Beberapa foto kegiatan Seminar

_MG_4613

1. Menyambut kehadiran Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia

_MG_4630

_MG_4635

2. Acara Pembukaan Semionar

_MG_4618

3. Pembawa Acara Nandang Suaidah,S.Pd

_MG_4633

4. Ketua IGTKI Kabupaten Simalungun Siti Aisyah ,S.Pd.AUD

_MG_4636

5. Tua Dasius Sitanggang Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab. Simalungun

_MG_4649

6. Pembicara Arist Merdeka Sirait.

_MG_4655

7. Pembicara Eli Tohonan Tua Pane M.Pd.

_MG_4683

8. Agus Sukarno (Kak Agus)  sebagai pencipta lagu Anak  membawakan materi seputar lagu untuk anak didik PAUD,

_MG_4626

Peserta Seminar

_MG_4629

8 dan 9. Peserta Seminar

2 Tanggapan

  1. salam hangat dari kami…… sukses selalu….
    bersama kami,,, pastikan anak-anak selangkah lebih maju…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: