Berita Akreditasi PNF

 Sesuai dengan PP Republik Indonesia No. 19/2005,  pasal 87 menjelaskan,  bahwa implementasi akreditasi  dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF). 
Pengangkatan Anggota BAN yang terdiri atas: BAN-PT, BAN-SM  dan BAN-PNF berdasarkan SKEP  Mendiknas Nomor 064/p/2006 tanggal 25 September 2006.
Masa tugas BAN-PNF dipertegas oleh Permendiknas Nomor 30 tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) adalah melaksanakan akreditasi terhadap satuan pendidikan (lembaga) dan/atau program pendidikan non formal. Akreditasi ini dilakukan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan dan/atau program pendidikan non formal.
Untuk menilai kelayakan tersebut perlu disusun suatu instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, yang mencakup 8 komponen yaitu: (1) Standar Isi, (2) Standar Proses, (3) Standar Kompetensi Lulusan (SKL), (4) Standar Penilaian (5) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (6) Standar Sarana dan Prasarana, (7) Standar Pengelolaan, dan (8)Standar Pembiayaan. Berkenaan dengan penilaian kelayakan satuan dan program PNF, maka Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan menjadi fokus yang utama.
Instrumen akreditasi merupakan alat untuk memperoleh data secara objektif dari seluruh komponen akreditasi, sehingga hasil yang diperoleh dapat menggambarkan situasi dan kondisi satuan pendidikan dan/atau program pendidikan yang sesungguhnya.
Untuk mengetahui Peraturan dan sebagai pedoman serta menambah wawasan Sahabat pemerhati Non Formal disini kami post peraturan yang berhubungan BAN PNF , silahkan download tautan dibawah ini :
1. Permendiknas No 30 Tahun 2005 tentang BADAN AKREDITASI NASIONAL 
     PENDIDIKAN NON FORMAL
 2. Pedoman Akreditasi PNF 2011
3. Instrumen Lembaga Kursus BAN PNF

Sumber :

  1. http://web.banpnf.or.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=110&Itemid=471
  2. http://www.paudni.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2012/08/Permendiknas-no-30-Tahun-2005-tentang-BADAN-AKREDITASI-NASIONAL-PENDIDIKAN-NON-FORMAL.pdf
%d blogger menyukai ini: