PETUNJUK TEKNIS APRESIASI PTK PAUDNI BERPRESTASI TAHUN 2012

PETUNJUK TEKNIS APRESIASI PTK PAUDNI BERPRESTASI TAHUN 2012

        Tahun ini KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMALDAN INFORMAL, kembali menggelar lomba dalam rangka pembinaan dan pemberian apresiasi serta peningkatan pencitraan publik terhadap eksistensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, nonformal, dan informal (PTK PAUDNI).

    Nama lomba tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dikenal dengan nama JAMBORE. Walau namanya berbeda, namun event ini tetap memberikan kesempatan bagi semua unsur di PTK PAUDNI berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan.

Adapun jenis lomba yang dilaksanakan adalah:

  1. Pengelolaan “PAUD Terpadu” (TK/KB/TPA/SPS) adalah karya nyata yang telah dilaksanakan dalam pengelolaan program PAUD (TK/KB/TPA/SPS) secara terpadu minimal dua program (termasuk pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, kegiatan dan sarana dan prasarana) dalam satu lingkungan layanan pendidikan anak usia dini, baik satu atap maupun dalam sistem pembelajaran.
  2. Strategi Pengelolaan Jejaring Kerja untuk Kemandirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah karya nyata berupa pengalaman langsung dalam membangun jejaring kerja untuk mewujudkan PKBM yang mandiri dan efektif.
  3. Inovasi Pemasaran Lembaga Kursus dan Pelatihan terhadap Program dan Produk Kursus adalah karya nyata inovatif yang dilaksanakan oleh pengelola kursus dalam memasarkan program pembelajaran sehingga jumlah peserta kursus dan pelatihan dapat meningkat
  4. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif bagi PAUDNI adalah karya tulis yang disusun oleh Pamong belajar sebagai media yang dapat merangsang dalam pembelajaran anak usia dini, nonformal dan informal sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif.
  5. Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan Jamak untuk Anak Usia Dini adalah karya tulis guru PAUD (sebutan lainnya yang sejenis) pada TPA/KB/SPS (Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain/ Satuan Paud Sejenis) dalam kegiatan pembelajaran melalui proses pendampingan, pengenalan, stimulasi/anak pengembangan potensi pada anak usia dini. Pembelajaran diperuntukkan bagi usia anak 2 s.d. 6 tahun dengan jumlah kelompok belajar maksimal 20 anak.
  6. Metode Pelaksanaan Pembimbingan terhadap PTK PAUDNI dalam Penyelenggaraan PAUDNI adalah karya tulis yang disusun oleh Penilik sebagai metode atau cara yang digunakan dalam melakukan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI yang mencakup proses pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan.
  7. Pembelajaran Seni Tari Tradisional adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus seni tari dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran seni tari tradisional
  8. Pembelajaran Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus seni merangkai bunga dan desain floral dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran seni merangkai bunga dan desain floral.
  9. Pembelajaran Tata Kecantikan Rambut tentang Sanggul Daerah adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus tata kecantikan rambut dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran sanggul daerah.
  10. Pembelajaran Pembuatan Hantaran Pengantin yang dimodifikasi adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus hantaran dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan hantaran pengantin yang dimodifikasi dalam satu wadah.
  11. Pembelajaran Pembuatan Busana Nasional Wanita dengan Sentuhan Daerah adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus tata busana dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah setempat.
  12. Pembelajaran Pembuatan Animasi Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus komputer dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan animasi tentang pendidikan karakter untuk anak usia dini.
  13. Paduan Suara adalah kemampuan menyanyikan lagu minimal terdiri dari 2 (dua) suara secara berkelompok dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang ada pada paduan suara. Lagu yang dinyanyikan berjumlah 2 (dua) lagu dan diaransemen (minimal 2 suara), yaitu lagu wajib berjudul Mars PTK-PNF (Cipt. Catur Rahmat), dan satu lagu pilihan (pilih salah satu): Mars HIPKI atau Mars IPI atau Mars HIMPAUDI atau Himne HISPPI (“Insan Mulia”). Anggota paduan suara berjumlah 12 (dua belas) orang sudah termasuk dirigen dan pengiring, keseluruhannya harus sebagai pemenang pertama setiap mata lomba masing-masing provinsi.
  14. Senam Sajojo adalah suatu bentuk tari pergaulan yang kemudian diadopsi menjadi olahraga (senam), dengan mempertahankan langkah dasar Senam Sajojo, dan dapat dikembangkan dengan kreasi gerak yang lebih menarik, sesuai karakteristik daerah masing-masing. Senam Sajojo diperagakan dengan mengenakan kostum olahraga dan diiringi musik Sajojo yang selaras. Anggota Senam Sajojo berjumlah 12 (dua belas) orang yang keseluruhannya harus sebagai pemenang pertama setiap mata lomba di masing-masing provinsi.

Proses pelaksanaan akan dimulai dari Kabupaten/Kota madya selanjutnya pemenang dari setiap Kabupaten/Kota madya akan diikutsertakan untuk tingkat Propinsi. Pemenang dari Propinsi akan diikutsertakan dalam lomba Nasional.

Sumber : http://mecnews.blogspot.com/2012/04/petunjuk-teknis-apresiasi-ptk-paudni.html

%d blogger menyukai ini: