PAUD Mesti Siap Diakreditasi

                                                            PAUD Mesti Siap Diakreditasi
 
Demikian diungkapkan Ketua Himpaudi Provinsi Bengkulu, Yuni Herlina SP, belum lama ini. Yuni mengatakan akreditasi lembaga PAUD nonformal perlu. Karena akreditasi merupakan pengakuan sehingga PAUD yang telah ada bisa mendapat kepercayaan dari masyarakat. PAUD jangan takut diakreditasi, akreditasi ini sangat penting. Karena akreditasi adalah kegiatan penilaian terhadap kelayakan program dan satuan pendidikan. Di Indonesia baru 22 provinsi yang melakukan akreditasi, jelasnya.
Hanya saja, akreditasi di PAUD tidak mengenal strata nilai A,B dan C. Hanya terakreditasi dan tidak terakreditasi.
Seperti dalam pelaksanaan akreditasi di lembaga lainnya. Tahapan penilaian akreditasi paud juga sesuai dengan instrumen yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN).
Nantinya, bagi PAUD yang telah siap diakreditasi harus mempersiapkan dirinya sesuai dengan instrumen tersebut. Oleh karena itulah, diakuinya dibutuhkan waktu yang banyak guna mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Namun untuk mencapai sebuah akreditasi, waktu bukanlah hal yang sulit.
Akreditasi baru dapat dilakukan apabila PAUD sudah siap. Kalau tidak siap, asesor yang nantinya akan melakukan visitasi ke PAUD tersebut tidak akan melakukan penilaian. Akreditasi ini tidak dipaksakan, jelasnya.
Berdasarkan instrumen akreditasi dilakukan untuk meningkatkan mutu dan satuan Pendidikan Non Formal (PNF). Sebagai umpan balik dalam memberdayakan dan mengembangkan kinerja satuan PNF.
Akreditasi ini pun dilakukan untuk mendorong satuan PNF agar selalu berupaya meningkatkan mutu program dan satuan/lembaga secara bertahap, terencana dan kompetitif.
Serta membantu pemerintah mendapatkan informsai agar tepar sasaran dalam memberikan bantuan kepada lembaga PNF. Mari kita mempersiapkan diri untuk diakreditasi, ajaknya. (128)
 
Diposting Oleh :: Muhammad Wildan
Sumber:

http://www.bengkuluekspress.com – 16 Desember 2010

http://www.paudni.kemdiknas.go.id/bppnfi5/berita-277-buta-paud-mesti-siap-diakreditasi.html

 
%d blogger menyukai ini: