dr Erunita Anggraini JR Saragih Dinobatkan Sebagai Bunda PAUD

dr Erunita Anggraini JR Saragih Dinobatkan Sebagai Bunda PAUD

bunda paud simalungun 

       dr Erunita Anggraini JR Saragih dinobatkan sebagai Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) oleh Dirjen PAUD DR Esman Samsudin bertempat di Aula Griya Hapoltakan Pamatang Raya, Jumat, 15/06/2012. Penobatan tersebut disaksikan oleh Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM, Ketua DPRD Binton Tindaon SPd, Plt Sekda Drs Gidoin Purba, Kadis pendidikan Resman H Saragih S.Sos.        Dalam sambutannya, Bunda PAUD dr Erunita Anggraini JR Saragih mengatakan, kita sama-sama menyaksikan bahwa anak-anak kita melakukan melukis bersama, menggambar bersama, begitu pintar dan percaya diri. Mereka adalah anak-anak harapan bangsa , investasi bangsa di masa depan. Untuk itu saya berpesan kepada guru dan orang tua agar terus melakukan pembinaan kepada anak-anak dan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.       “Saya yakin dengan bimbingan orang tua, para guru PAUD khususnya masa depan anak Indonesia akan lebih gemilang dimasa mendatang. Kepada ketua tim PKK kecamatan yang nantinya akan dinobatkan sebagai bunda PAUD harus lebih ditingkatkan lagi. Bunda PAUD adalah profesi sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga ia harus menjadi lokomotif mendorong segenap elemen masyarakat”, ungkap Erunita..

Selanjutnya Eruinita mengharapkan kepada para Bunda PAUD agar lakukan kontak dan jangan segan-segan dengan semua kelompok diwilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan pendidikan sesuai dengan misi gerakan PKK yaitu meningatkan pendidikan dan ketrampilan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan pendapatan keluarga kita harus selalu bergandengan tangan dengan seluruh Untuk itu kita harus bergandengan tangan dengan seluruh elemen masyarakat agar hasil yang kita capai menjadi optimal.
           “Jangan lupa melibatkan kaum ibu secara aktif mengingat perannya sangat penting dalam mendidik anak usia dini dalam menjaga kesehatan disaat kehamilanm agar dapat melahirkan anak yang sehat jasmani dan rohani. Saya berkomitmen predikat bunda PAUD tidak sekedar simbol melainkan harus saya buktikan dengan kerja keras dan nyata bersama pihak-pihak lain untukmembangun PAUD lebih baik lagi”, tutur erunita mengakhiri.
Sementara itu Dirjen PAUD DR Erman Samsudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa menurut data nasional jumlah anak usia 0-6 tahun sekitar 32 juta jiwa dan dari jumlah tersebut sekitar 121 jiwa berada di Simalungun. “Anak-anak ini harus mendapatkan pelayanan pendidikan sejak dini, sehingga mereka menjadi anak-anak yang pintar nantinya”, katanya.
Dirjen berharap kepada para bunda PAUD untuk segera mendapat anak usia 0-6 tahun diwilayahnya masing-masing, sehingga dapat mengetahui jumlah anak-anak yang harus mendapat pelayanan pendidikan. Hal ini sangat penting untuk mewujudkan Indonesia Emas seperti tema pada Hari Pendidikan Nasional tahun ini. “Jangan bosan dan jenuh memberikan pembinaan kepada anak-anak”, tandasnya.
Dalam kesempatan itu, Bupati SImalungun DR JR Saragih SH MM mengharapkan kepada semua pihak untuk memberikan dukungan terhadap bunda PAUD dan juga TM PKK dalam melaksanakan tugasnya. “Mari kita ajari anak-anak kita ini seperti anak kita sendiri, sehingga mereka kelak menjadi generasi yang berkualitas dan mempu berkompetisi dalam mengdapi globalisasi”, ajaknya kepada para guru PAUD.
Sebelumnnya Kadis Pendidikan Kabupaten Simalungun Resman Saragih S.Sos dalam laporannya mengatakan bahwa penobatan bunda PAUD bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan program PAUD, meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya PAUD, meningkatkan partisipasi masyarakat melalui kegiatan kreativitas, dan pentas seni anak-anak PAUD, meningkatkan partisipasi organisasi mitra pemasyarakatan PAUD, mengembangkan jejaringan kerja dalam masyarakat baik instansi pemerintah, swasta, LSM, perusahaan dan pihak ketiga lainnya yang dapat mendukung terlaksananya program PAUD, memberikan stimulasi keterampilan dan kecerdasan anak usia dini melalui berbagai kegiatan gebyar PAUD.
Dikesempatan itu juga, Bunda PAUD Ny dr Erunita Anggraini JR Saragih menobatkan secara simbolik bunda PAUD kecamatan dan memberikan bantuan Alat Permainan Edukasi (APE) kepada sekolah PAUD.

Sumber : http://www.simalungunkab.go.id/berita-215–dr-erunita-anggraini-jr-saragih-dinobatkan-sebagai-bunda-paud-.html

%d blogger menyukai ini: